Info Terbaru   08 Februari 2018 | Template Jurnal



Jurnal Informasi dan Komputer Vol 4 No.2 April 2016
ISSN 23378344



PENDEKATAN TAM SEBAGAI ANALISIS PENGGUNAAN E-LEARNING PENDUKUNG SISTEM PEMBELAJARAN DIKLAT TEKNIS BALAI PELATIHAN PERTANIAN (BPP) LAMPUNG

Alhibarsyah, M.Kom


ABSTRAK

ABSTRACT The development of technology, especially information technology, in the last decade shows rapid progress, both hardware, software, or other infrastructure that can support the creation of a reliable information system. This study aims to evaluate the revenue model of e-learning as one of the supporting software technologies in the learning activities, with the approach Technology Acceptance Model (TAM). For statistical testing will be done with Structural Equation Modeling (SEM) in AMOS 20.0 software. Based on the analysis and interpretation, the author sum up that flexibility, ease of e-learning to use, learn and understand the effectiveness and influence on training participants completion of the job training can even improve their performance, the effectiveness of high impact use of e-learning in Pusdiklat Teknis BPP Lampung, compliance use of e-learning by training influential training participants to frequency use of e-learning in Pusdiklat Teknis BPP Lampung, ease of use of e-learning also affect the willingness to use e-learning. Keywords : e-learning, Diklat Teknis, BPP Lampung, TAM ABSTARK Perkembangan teknologi, khususnya teknologi informasi, dalam dekade terakhir menunjukkan kemajuan pesat, baik hardware, software, atau infrastruktur lain yang dapat mendukung terciptanya sistem informasi yang handal. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi model pendapatan dari e-learning sebagai salah satu teknologi software pendukung dalam kegiatan belajar, dengan pendekatan Technology Acceptance Model (TAM). Untuk pengujian statistik akan dilakukan dengan Structural Equation Modeling (SEM) di software AMOS 20.0. Berdasarkan analisis dan interpretasi, penulis meringkas bahwa fleksibilitas, kemudahan e-learning untuk menggunakan, mempelajari dan memahami efektivitas dan pengaruh pada peserta diklat penyelesaian pelatihan kerja bahkan dapat meningkatkan kinerja mereka, efektivitas penggunaan dampak tinggi dari e-learning di Pusdiklat Teknis BPP Lampung, penggunaan kepatuhan e-learning dengan melatih peserta diklat berpengaruh terhadap frekuensi penggunaan e-learning di Pusdiklat Teknis BPP Lampung, kemudahan penggunaan e-learning juga mempengaruhi kesediaan untuk menggunakan e-learning.



Kata Kunci : e-learning, Diklat Teknis, BPP Lampung, TAM


DAFTAR PUSTAKA

1. Davis, Fred D., “A Technology Acceptance Model For Empirically Testing New End-User Information Systems: Theory And Results”, 1986 2. Davis, Fred D., “Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, and User Acceptance of Information Technology.” MIS Quarterly, September, Vol.13, No.3, p.319-340 1989. 3. Dwi Lara, Bagus Setiawan, Siti Endang Astuti Riyadi. Pengaruh Penggunaan E-Learning Terhadap Kinerja Dosen Dalam Kegiatan Mengajar (Studi Pada Dosen Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) Vol. 1 No. 1 Februari. 2015. 4. Haris Pamugar, Dkk. Model Evaluasi Kesuksesan Dan Penerimaan Sistem Informasi E-Learning Pada Lembaga Diklat Pemerintah. Scientific Journal of Informatics Vol. 1, No. 1, Mei 2014. 5. Henri Agustin, Erly Mulyani. Studi Empiris Penerimaan Dan Penggunaan E-Learning System Di Kalangan Mahasiswa Akuntansi Fakultas Ekonomi UNP. Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATi) 2016.Yogyakarta, 6 Agustus 2016 6. Jogiyanto Hartono. Sistem Informasi Keperilakuan. Andi Offset. Yogyakarta. 2008 7. M. Alif Muwafiq Baihaqy, Abidarin Rosidi, Syamsul A Syahdan. Analisis Usability Aplikasi E-Learning Di Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer Unsiq Wonosobo. Jurnal PPKM III (2016) 159-173 8. Mohammad Yazdi. E-Learning Sebagai Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Ilmiah Foristek Vol. 2, No. 1, Maret 2012 9. Noor Miyono. Analisis E-Learning Menggunakan Technology Acceptance Modelling (Studi Kasus Pada STMIK Provisi Semarang). Jurnal Transformatika, Volume 11, No.1, Juli 2013 : 39 – 50 10. Nurmaini Dalimunthe. Himawan Wibisono. Analisis Penerimaan Sistem E-Learning SMK Labor Pekanbaru Dengan Menggunakan Techology Acceptance Model (TAM). Jurnal Sains, Teknologi Dan Industri. Vol.11 No.1. 2013 11. Widodo, Prabowo, P., Statistika : Analisis Multivariat. Seri Metode Kuantitatif. Universitas Budi Luhur, Jakarta. 2006


Full Text : PDF

Top